Greeting

    Featured Posts

    • Welcome to the 'Berpapasan' portal
    • 'Berpapasan' is a portal that discusses about teenage life
    • get exciting articles from the 'Berpapasan' Portal
    • Hope you enjoy the 'Berpapasan' portal

Tips Agar Kamu Tidak Merasa Cepat Bosan Ketika Belajar di Rumah

Belajar merupakan suatu hal mutlak yang harus dilakoni, terutama bagi kamu yang masih menitih pendidikan. Selain itu, kamu juga perlu belajar di rumah untuk memperkuat lagi pelajaran-pelajaran yang telah kamu dapatkan di sekolah.

Terkadang belajar di rumah justru membuat kamu malas dan cepat sekali merasa jenuh. Untuk membuka buku saja, rasanya malas. Padahal kan masih banyak pekerjaan rumah yang harus kamu kerjakan, apalagi harus dikumpulkan tepat waktu. Makanya, kamu harus bisa menyelesaikannya dan mengusir rasa jenuh dengan beberapa tips yang telah dirangkum oleh berpapasan berikut ini:

1. Biar nggak jenuh, sekali-sekali belajar sambil mendengarkan musik

Belajar sambil menderngarkan musik
belajar sambil mendengarkan musik (foto: dreamstime.com)
Nggak ada salahnya mendengarkan musik ketika belajar. Hal itu justru membuat mood kamu semakin baik. Yang penting musik yang sedang kamu dengarkan adalah musik yang bisa mengusir rasa jenuh. Jangan lagu yang mellow, bertanda kalo kamu lagi galau.

Belajar sambil mendengarkan musik juga dapat melatih otak untuk bekerja secara multitasking. Nggak banyak orang di dunia ini yang bisa bekerja secara multitask dengan efektif. Atau yang lebih bagus lagi sambil mendengarkan radio.

2. Kenapa nggak sediakan makanan yang kamu suka di meja belajar?

sediakan makanan
sediakan makanan (foto: margotkingm.wordpress.com)
Kalo di rumah sendiri kan bebas-bebas aja, kamu mau belajar seperti apa, yang penting kamu bisa belajar dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Ya, salah satunya sediakan makanan atau minuman di samping meja belajar kamu. Ingat jangan makanan berat, tapi sekadar makanan ringan untuk menemani belajar kamu kayak roti, biskuit dan camilan lainnya ya.

3. Ajak teman ke rumah untuk belajar bersama kamu

belajar bersama teman-teman
belajar bersama teman-teman (foto: abigailscentre.com)
Kalo kamu merasa kesepian atau kesulitan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Ajak teman ke rumah untuk  menemani dan mengarjarkan pelajaran-pelajaran yang kamu rasa itu sulit dikerjakan. Dengan belajar bersama, pasti kamu bisa untuk diskusi, dan kamu juga nggak cepat merasa bosan.

Apalagi Indonesia kan udah pake Kurikulum 2013, yang mana mengarjarkan agar bisa berdiskusi dengan peserta didik lainnya. Ya, meskipun saat ini Kurikulum 2013 masih dievaluasi lagi sama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru, Pak Anies Rasyid Baswedan. Selain itu, sekolah yang udah menerapkan Kurikulum 2013 selama tiga semester  tetap pakai Kurikulum baru, yang baru satu semester kembali lagi ke Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006.

4. Minta bimbingan orang tua

belajar bersama ayah
belajar bersama ayah (foto: dcsmsblog.org)
Peran orangtua sangat krusial bagi karakter anak di masa mendatang. Mau jadi sang anak kelak, itu tergantung dari cara didikan yang diberikan oleh orangtua. Nggak hanya dapat mengusir rasa jenuh, tapi belajar di rumah dengan bimbingan orangtua dapat merekatkan hubungan antara orangtua dan anak menjadi semakin harmonis.

Selain itu, menurut informasi yang berpapasan terima, belajar dengan bimbingan orangtua membuat sang anak semakin cerdas. Ayo, para orangtua agar selalu mengawasi anak-anaknya, janga hanya menyerahkan ke sekolah atau tempat les privat saja.

5. Cara belajar yang berbeda

jangan hanya teori, saatnya kamu harus mempraktekannya
jangan hanya teori, saatnya kamu harus mempraktekannya (foto: imgkid.com)
Kamu harus punya strategi dalam belajar, jangan hanya monoton dengan cara belajar hafalan saja. Coba kamu belajar dengan cara yang berbeda. Berbeda dengan biasa yang kamu lakukan selama ini. Semisal kamu belajar sosiologi, ya kamu jangan hanya belajar teori saja, tetapi kamu juga harus terjun langsung di masyarakat. Kamu harus pandai dalam bersosialisasi dengan masyarakat, minimal masyarakat di lingkungan rumah kamu sendiri. Jadi, setelah mengerti dengan teorinya, langsung kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
"Pendidikan itu akarnya memang pahit, tetapi buahnya manis." - Abraham Lincoln
Banyak cara untuk mengusir rasa malas ketika belajar di rumah, tidak hanya dengan cara di atas, mungkin kamu juga punya cara sendiri untuk melawan rasa bosan yang selama ini bersemayam di hati. Semangat!
author

Short description

'Berpapasan' portal is a portal that discusses about teenage life that is packed with a light and comfortable to read

0 Blogger
Comment with Facebook
\
Comment with Blogger

Post a Comment

www.CodeNirvana.in

Back To Top | Network of Fandinistic Media
Copyright © saat kita 'berpapasan' | Blogger Templates | Designed By Code Nirvana